Tuesday, June 29, 2010

Hal-hal yang dilarang setelah makan


Ini beberapa hal yang tidak boleh dilakukan setelah makan.
Mohon diperhatikan karena ini sangat penting demi kesehatan.

1.Merokok
Jujur aku gak suka dengan yang namanya Rokok ,apalagi asap rokok. Selain karena asapnya yang bau, merokok juga gak sehat. Berdasarkan penelitian, mengisap satu batang rokok setelah makan sama saja dengan merokok sepuluh batang dan ini memudahkan terkena kanker.

2.Makan buah
Ini yang sering aku lakukan. Aku fikir ini sehat, eh ternyata gak boleh karena mengkonsumsi buah setelah makan akan membuat perut dipenuhi udara alias kembung.
Tapi aku gak merasa kembung kok. Tapi yang namanya juga gak sehat ya gak sehat. Aku sudah terbiasa jadi lumayan sulit untuk tidak makan buah setelah makan. Bagaimana ini? ya tergantung saya sendiri.

Kalau menonsumsi buah 1-2 jam setelah makan tidak apa-apa tapi jangan 1 jam sebelum makan karena akan membuat perut kenyang dan makan tidak terlalu banyak. Ini yang aku rasakan. Sulit juga ya mau hidup sehat.

3.Minum teh
Berdasarkan penelitian, daun teh memiliki kandungan asam yang tinggi. Hal ini menyebabkan kendungan protein dalam makanan sulit dicerna. Selain hal itu, minum teh setelah makan dapat menyebabkan hambatan terhadap penyerapan zat dalam tubuh hingga 80 persen. Padahal, seperti yang kita ketahui, zat besi sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan kualitas tubuh manusia.
Ini juga aku lakukan. Aku fikir gak ada hubungannya dengan makanan. Ternyata aku salah.

4. Mengendurkan ikat pinggang
Ini hal yang sepele tapi seringkali dilakukan. Mungkin maksud Anda supaya makanan yang masuk bisa lebih banyak dan Anda tidak merasa begah. Karena itu, Anda mengendurkan ikat pinggang. Tahukah Anda? Mengendurkan ikat pinggang dapat menyebabkan usus terbelit dan terblokir.
Aku gak tau kalau ini yang bisa terjadi. Aku pernah melakukannya. Tapi sekarang tidak. Aku mengendurkan ikat pinggang sebelum makan.

5.Mandi
Walaupun tidak banyak orang yang melakukan, terkadang ada saja yang berpikir untuk melakukan mandi selepas makan. Pada pagi hari kebanyakan orang lebih memilih makan dulu daripada mandi dengan alasan setelah makan pasti perut menjadi penuh dan hasrat ingin buang hajat lebih besar. Sehingga Anda berpikir untuk mandi sekalian BAB.

Padahal, mandi yang dilakukan setelah makan akan menaikkan aliran darah ke tangan, kaki dan badan yang menyebabkan jumlah darah sekitar perut akan terus berkurang. Hal ini akan melemahkan sistem pencernaan di dalam perut.

Ini jarang aku lakukan. Lebih leluasa kalau mandi dahulu dan setelah itu makan.

6. Berjalan-jalan
Satu lagi yang benar-benar harus Anda hindari. Pernahkah Anda mendengar cerita bahwa orang yang sedang mengikuti lomba gerak jalan maupun lari marathon tiba-tiba saja muntah ditengah jalan? Ya, itu adalah salah satu alasan mengapa Anda tidak boleh langsung berjalan apalagi lari setelah makan. Berjalan akan menyebabkan sistem pencernaan tidak mampu menyerap nutrisi dari makanan yang telah Anda makan.

Dulu ada yang pernah bilang kalau setelah makan kita harus bergerak supaya pencernaan lancar. Ternyata itu salah besar.Dan tambahan lagi, setelah makan jangan berkendara karena akan berakibat mabuk perjalanan. Makanan yang masuk ke dalam perut bisa keluar karena goncangan yang terjadi dalam perjalanan. Ini pengalaman pribadiku.hehe~ walau jarang muntah , tapi yang terasa mual, kan gak enak juga mual.

7. Langsung tidur
Satu hal yang paling sulit untuk dihindari adalah rasa kantuk setelah makan. Apalagi jika makanan yang baru saja dikonsumsi sangat memuaskan perut dalam artian sangat mengenyangkan. Namun, cobalah untuk tidak mengikuti rasa kantuk Anda. Tidur setelah makan membuat makanan tidak dapat dicerna secara baik. Akibatnya, usus mengalami kembung dan terjadi peradangan.

Dengan sangat jujur, aku pernah melakukan ini. Lumayan sering tapi sudah dikurangi. Ya demi kesehatan juga.

8. Minum air dingin
Hal terakhir ini yang banyak tidak disadari oleh masyarakat adalah minum air dingin. Suhu dingin akibat es yang berkondesasi dengan air dapat membekukan makanan, terutama yang mengandung minyak (lemak akan terbekukan). Hingga pada akhirnya lemak itu bisa tertimbun dalam usus dan mengakibatkan penyempitan saluran-saluran pencernaan dan berujung pada kegemukan. Nah, untuk itu mulai saat ini cobalah ganti air es yang biasa Anda minum dengan minum air hangat.

Ini jarang aku lakukan. Tapi pernah.
Aku gak terlalu suka dengan air dingin. Paling kalau makan di luar ya minumannya air dingin.
Ternyata gak boleh ya.

artikel ini saya ambil dari WASPADA dan beberapa curhatan saya<3

Huaa~
ini akibatnya dari melakukan hal-hal yang dilarang setelah makan.
Aku merasa ada gangguan pada pencernaanku. Jarang BAB.

0 komentar:

Post a Comment

everyone can comment here. Open ID,Livejournal,Wordpress, TypePad,AIM,Blogger.

Facebook , Twitter,Fupei,Plurk,etc.
(Choose an identity : Name/URL <= enter name and add your url)

If you don't have account, Choose an identity : Anonymous

and PUBLISH YOUR COMMENT.

no spamming.

Recent Comment